Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Tips Supaya Kamu Nggak Salah Makan Ketika 'Traveling'


Percaya atau enggak, makanan bisa jadi salah satu penyebab utama penyakit ketika traveling. Karenanya, kamu harus memilih makanan yang tepat supaya bisa sehat selama perjalanan itu berlangsung. Kalau enggak, semua itinerary pastinya akan berantakan.

Lagi pula, hal itu akan terasa lebih buruk karena kamu malah terbaring lemas di destinasi yang sudah diidam-idamkan sejak lama. Bukan menikmati eksotisme tempat, kamu malah sibuk mengobati diri sendiri. Jauh dari keluarga dan berada di tempat asing. Mencegah hal itu terjadi, tips-tips ini yang harus diikuti kalau enggak mau salah makan.

Memilih makanan sejak di pesawat terbang
Kalau kamu sedang melakoni perjalanan udara yang biasanya menawarkan makanan dengan kadar gula dan lemak yang cukup tinggi, maka jangan segan-segan untuk meminta menu makanan tertentu, seperti vegetarian, rendah kemak, atau tinggi serat saat melakukan pembelian tiket. Kalau pihak maskapai enggak menyediakan layanan itu, kamu bisa berbekal buah atau roti.

Kendalikan diri dalam mengonsumsi makanan lokal
Mencicip kuliner setempat memang jadi agenda wajib, namun juga harus tahu kondisi tubuh. Jangan paksakan kalau kamu enggak terbiasa sama makanan yang pedas atau berlemak. Kalaupun ingin mengonsumsinya, atur seberapa banyak kamu harus memakannya.

Konsumsi air mineral
Paling aman memang membeli minuman kemasan, namun di negara-negara tertentu terdapat keran dimana airnya bisa langsung diminum. Tapi, periksa dulu kalau air itu memang benar-benar bisa dikonsumsi. Jangan malu untuk bertanya pada penduduk setempat maupun petugas hotel.

Baca Juga: Ini 4 Tips Membuat Kue Brownies Padat & Empuk

Hindari konsumsi fast food
Bagi beberapa orang, fast food selalu jadi pilihan tepat saat merasa enggak cocok dengan rasa makanan lokal. Tapi, hindari konsumsi fast food setiap hari. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi buah atau roti gandum yang bisa dibeli di supermarket setempat.

Segera minum teh kental atau oralit saat terserang diare
Kalau diare memang sudah tak terhindarkan, maka tindakan cepat pun harus diambil. Kamu harus segera mengonsumsi teh kental atau oralit supaya diare tak berlarut-larut. Kalau oralit, kamu bisa membuatnya sendiri. Cukup campurkan gula dan garam ke dalam air putih.

Ketahui kondisi tubuh sendiri
Kalau kamu punya kolesterol tinggi, maka harus hati-hati kalau mengonsumsi seafood. Buat kamu yang punya maag, hindari makanan dan sayuran yang mengandung banyak gas dan asam, seperti kol kacang merah, dan jeruk. Bawa obat-obatan pribadi untuk menangani penyakit tersebut.

Kalau kamu sudah bisa memutuskan makanan yang tepat ketika traveling, maka risiko terserang penyakit pun akan ada di tingkat paling minimal. Sehingga, kamu pun bisa menikmati perjalanan sebagaimana mestinya. Kalau punya tips lain supaya enggak salah makan ketika traveling dan ingin membaginya, kamu bisa langsung menuliskan di kolom komentar.


bintang.com