Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

3 Tips Menjual Diri sebagai Calon Pegawai


Fresh graduate harus bersiap menghadapi dunia kerja. Mereka pun harus mampu menjual diri sebagai calon pegawai. Seperti apa trik agar bisa menjual diri dan kompetensi kita di depan HRD? Ini dia!

 1. Apa brand-mu?
Juallah dirimu sebagai sebuah brand dengan berbagai kelebihan. Caranya, pelajari bidang yang akan kamu masuki serta kenali para profesional dan perusahaan kunci di bidang tersebut. Cari tahu juga bagaimana pengetahuan semasa kuliah dan pengalaman magangmu bisa membantu membentuk industri yang akan kamu masuki. Begitu mengenali tempatmu di sektor pekerjaan tersebut, maka kamu pun akan lebih mudah "menjual" diri sendiri meski masih berstatus fresh graduate.

2. Miliki cerita pribadi
Fresh graduate sering merasa tidak memiliki pengalaman kerja serta kesulitan bercerita tentang diri sendiri. Kamu perlu berlatih untuk menceritakan kelebihan, prestasi dan tujuan profesionalmu sebagai kisah yang akan menjadi andalan saat wawancara kerja. Demikian seperti dikutip dari Huffington Post.

3. Latihan
Ajak kawan yang kamu percaya untuk menemanimu berlatih wawancara kerja. Jika perlu, rekam sesi latihan tersebut untuk melihat responmu atas berbagai pertanyaan yang diajukan. Pelajari rekaman itu, kemudian cari cara memperbaiki bagian-bagian di mana kamu kesulitan. Hal terpenting adalah menunjukkan passion-mu bersinar.


news.okezone.com