Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Pertama Kali Naik Kereta Ekonomi, Ini 5 Tips Penting untuk Anak Muda


Selalu ada kali pertama dalam segala hal. Para traveler muda pasti akan mengalami kali pertama naik kereta, termasuk gerbong ekonomi. Namun sebelum berangkat, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar perjalanan lancar.

Wajar kalau traveler muda merasa kaget saat pertama kali naik kereta ekonomi. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar perjalanan lancar. Dihimpun detikTravel, berikut daftarnya:

1. Tidur memeluk tas
Meski gerbong ekonomi pada kereta kini sudah diperbaharui, faktor keamanan tetap jadi concern utama. Perhatikan betul barang-barang Anda, jangan sampai ada yang tercecer. Masukkan barang berharga seperti ponsel, dompet, dan lain-lain ke bagian dalam tas yang sulit dijangkau. Saat tidur, jangan biarkan tas berada di samping apalagi di bagian atas kursi. Tidurlah dengan memeluk tas, sehingga tak ada orang yang bisa menjangkau tas Anda.

2. Bawa makanan dan minuman
Anda bisa saja memesan makanan di kereta. Namun ada baiknya, Anda membawa makanan ringan untuk mengisi perut selama perjalanan. Lebih baik lagi jika Anda makan berat sebelum perjalanan naik kereta. Selain makanan, bawa juga minuman. Ini memudahkan Anda sehingga tak perlu membeli air mineral lagi di tengah jalan.

3. Bawa kipas
Gerbong ekonomi sekarang memang sudah dipasangi AC, namun tak jarang suhu kereta masih panas. Oleh karena itu bawalah kipas, untuk berjaga-jaga kalau kepanasan di tengah jalan. Tak sedikit pula traveler yang membawa kipas yang bertenaga baterai. Ini membuat Anda bisa tidur lebih nyenyak karena tidak kepanasan.

4. Bawa bantal leher
Bantal leher tak hanya berguna untuk penerbangan, tapi juga saat naik kereta ekonomi. Bangku gerbong ekonomi cukup lurus sehingga leher dan punggung pasti terasa pegal. Bantal leher berguna karena selain dipakai di leher, bisa juga dipakai sebagai bantal dengan posisi tidur menyamping. Anda akan lebih mudah beristirahat mengenakan bantal yang empuk.

5. Toleransi
Nah, satu hal yang perlu traveler muda terapkan terutama saat naik kereta ekonomi adalah toleransi. Di gerbong ini, banyak hal di luar dugaan yang bisa terjadi. Namun ingat, tetap hormati orang tua dan hargai orang lain.

Contoh kasus, ada orang di kursi depan dengan santainya menaruh kaki di bangku kita. Hal seperti ini bisa dibilang biasa dilakukan oleh penumpang gerbang ekonomi. Jangan marah, Anda juga bisa melakukan hal yang sama namun dengan meminta izin terlebih dahulu.


travel.detik.com