Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

4 Tips Sederhana Cek Kondisi Shockbreaker


Semakin menjamurnya sepeda motor tentu dibarengi dengan banyaknya sparepart (suku cadang) yang beredar, salah satunya shockbreaker. Komponen ini menjadi salah satu hal vital, terutama untuk kenyamanan dalam berkendara.

Saat ini, tersedia berbagai macam pilihan shockbreaker yang dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Mulai dari yang orisinil hingga yang palsu. Dari yang harga murah hingga yang harga super mahal.

Seperti dilansir Welovehonda, tak dipungkiri jika membeli shockbreaker yang asli tentu akan memberikan kenyamanan yang lebih. Selain itu, perawatan juga menjadi hal penting untuk jangka pakai komponen tersebut.

Karena fungsinya yang sangat vital itu, tentu sangat diperlukan pemahaman pengendara mengenai kondisi shockbreaker yang masih bagus, atau tidak. Berbagai tips mengenali shockbreaker yang masih baik kini banyak ditemukan. Nah, berikut empat tips sederhana mengenali baik, atau tidaknya kondisi shockbreaker kendaraan:

1. Cara yang paling ampuh tentu dengan mengendarai dan merasakan langsung. Gunakan kendaraan untuk berbagai medan untuk memastikan kondisi shockbreaker masih berfungsi dengan baik, atau tidak.

2. Mengecek kondisi fisik dari sil dan oli shockbreaker. Jika oli bocor, berarti hampir dipastikan sil telah rusak. Solusinya tentu segera mengganti sil oli dan sekaligus mengecek kondisi olinya.

3. Kenali shockbreaker yang telah mati. Caranya mudah, karena tidak mampu meredam getaran, biasanya akan membuat sang pengendara cepat capek dan badan terasa pegal.

4. Kondisi shockbreaker yang masih bagus biasanya ditunjukkan dengan kondisi sil yang rapat, oli yang sesuai takaran dan kondisi pendukung shockbreaker seperti pegas masih dalam kondisi yang bagus.


otomotif.news.viva.co.id