Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Tips Kelola Duit Buat Pengangguran


Yang paling menakutkan ketika menjadi pekerja kantoran adalah mengalami pemecatan dan jadi pengangguran. Ketika seseorang kehilangan pekerjaan akan sulit baginya untuk mempertahankan kondisi keuangan. Tugas utama sudah pasti mencari pekerjaan baru, tapi di satu sisi ia juga harus mengelola keuangannya supaya tidak bangkrut dan menyusahkan orang-orang di sekitarnya.

Krisis kehilangan pekerjaan bisa dalam dua bentuk, yaitu emosional dan keuangan. Bagaimana memenuhi kebutuhan sehari-hari adalah pertanyaan dasar. Pada situasi mengerikan ini, hidup akan lebih baik kalau Anda bisa mengelola keuangan dengan benar. Berikut tips berdasarkan Economic Times yang dikutip dari SiliconIndia.com, yang bisa membuat hari-hari sendu kehilangan pekerjaan menjadi lebih baik:

1. Kelola utang dengan baik
Hampir sebagian pekerja dengan pendapatan tetap memiliki kewajiban membayar utang, seperti kredit mobil, rumah, apartemen, dan lainnya. Mereka memiliki ekspektasi pekerjaan akan tetap ada. Pendiri dan CEO BankBazaar.com, Adhil Shetty, mengatakan, kalau Anda punya kredit rumah dan tiba-tiba tidak lagi memiliki pekerjaan, maka bisa meminta keringanan kepada bank. "Opsi lainnya, menurunkan angsuran dan memperpanjang tenor sampai mendapat pekerjaan baru," katanya.

2. Hindari kartu kredit, gunakan uang tunai
Ketika menganggur, sebaiknya tidak lagi menggunakan kartu kredit. Kartu ini hanya memfasilitasi pembelian secara impulsif. Dengan memakai uang tunai, Anda akan mengurangi belanja dan cenderung membeli yang memang Anda perlukan.

3. Menurunkan pengeluaran
Coret pengeluaran barang yang tidak Anda perlukan. Uang nongkrong, ngopi, dan lainnya harus segera keluar dari daftar pengeluaran rutin. Ketika menganggur Anda seharusnya lebih mementingkan budget untuk makan, kesehatan, dan kebutuhan primer lainnya. Anda harus berpikir uang di tabungan akan menipis kalau tidak menghentikan gaya hidup yang tidak perlu.

4. Pikirkan alternatif mendapatkan pendapatan
Anda bisa mengambil kerja sambilan atau kerja lepas untuk memperoleh uang. Pikirkan sumber pendapatan yang menguntungkan, sambil tetap mencari pekerjaan yang lebih baik.


bisnis.liputan6.com